Begini Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Obat Herbal

Pohon sirsak ternyata tidak hanya bermanfaat untuk buahnya yang manis dan enak. Ternyata daun sirsak juga bisa dimanfaatkan. Bahkan menurut penelitian dari teh national cancer institut menyebutkan bahwa daun sirsak memiliki kadar acetoginin yang kaya akan kandungan senyawa bulacatin, asimisin, serta squamosin. Acetoginin sendiri dipercaya mampu menghancurkan sel kanker. Bahkan zat tersebut mampu memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan kemoterapi. Mengingat banyak manfaat daun sirsak, anda bisa mengolah daun sirsak menjadi minuman herbal yang bermanfaat. Jika anda belum tahu bagaimana caranya, berikut kami berikan artikel mengenai cara mengolah daun sirsak.

Cara mengolah daun sirsak menjadi teh herbal

cara mengolah daun sirsak
 
Cara mengolah daun sirsak untuk dijadikan obat herbal pada dasarnya cukuplah mudah. Anda hanya membutuhkan daun sirsak dan tambahan madu atau pemanis lainnya. Untuk mengolah daun sirsak menjadi teh herbal caranya cukup mudah. Pertama anda siapakan 5 atau 6 lembar daun sirsak. Pilih daun yang telah tua, madu atau gula dan air 5 gelas. Caranya adalah rebus daun sirsak tersebut dengan air yang telah anda sediakan hingga menjadi satu gelas saja. Kemudian angkat rebusan dan tambahkan madu atau gula secukupnya. 

Selain itu cara mengolah daun sirsak lainnya adalah dengan membuat daun sirsak kering. Cara membuat teh daun sirsak kering ini mirip dengan daun sirsak yang basah. Namun dengan cara ini daun sirsak dikeringkan terlebih dahulu. Cara membuatnya adalah dengan siapkan 5 hingga 7 lembar daun sirsak kering, air satu liter, panci atau ketel dan pemanis. Setelah siap semua, panaskan air kemudian masukkan daur sirsak kering kedalam wadah. Tunggu hingga mendidih. Biarkan daun sirsak masak dan mendidih kurang lebih 20 menit. Biarkan dalam wadah kemudian tambahkan pemanis atau madu. Sajikan saat hangat lebih nikmat. 

Cara mengolah daun sirsak dengan membuatnya menjadi teh herbal adalah cara yang paling mudah dalam membuatnya. Resep diatas bisa di konsumsi untuk tiga porsi dengan masing-masing 250 ml. Namun sebaiknya teh ini dihabiskan dalam waktu sehari atau tiga kali minum. Jika tidak habis sebaiknya di buang, namun anda bisa meletakkannya di dalam lemari es agar khasiatnya tetap awet.

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Obat Herbal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel